Senin, 26 Juli 2010

Pertemuan 1

Pengantar Kecerdasan buatan

Definisi

Kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia bahkan bisa lebih baik dari manusia itu sendiri.
Menurut John McCarthy, 1956, AI:
Untuk mengetahui dan memodelkan proses –proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.

2 bagian utama yg dibutuhkan untuk aplikasi kecerdasan
buatan :
  1. Basis pengetahuan (knowledge base)
  2. Motor inferensi (inference engine)
Kelebihan kecerdasan buatan :
  1. Lebih bersifat permanen.
  2. Lebih mudah diduplikasi & disebarkan.
  3. Lebih murah.
  4. Dapat didokumentasi.
  5. Lebih cepat dan Lebih baik.
Kelebihan kecerdasan alami :
  1. Kreatif
  2. pengalaman secara langsung.
  3. Pemikiran luas
SEJARAH

Pada Tahun 1950 – an Alan Turing, seorang pionir AI dan ahli matematika Inggris melakukan percobaan Turing (Turing Test) yaitu sebuah komputer melalui terminalnya ditempatkan pada
jarak jauh.Turing beranggapan bahwa mesin bisa cerdas (seperti layaknya manusia).

BIDANG AI:
  • Sistem Pakar
  • Pengolahan bahasa alami (natural language processing)
Perintah bahasa sehari-hari
“hapus semua file” = del *.*(digunakan pada command prompt) = rm -rf(digunakan pada linux)
Language Translator
Text summarization
  • Pengenalan ucapan (speech recognition)
1. Memberikan Instruksi dengan suara
2. Alat bantu membaca untuk tunanetra
contoh gambar alat bantu membaca untuk tunanetra sebagai berikut:
3. Telpon untuk penderita bisu-tuli
contoh gambar alat bantu telpon untuk penderita buta tuli sebagai berikut:
  • Robotika & sistem sensor
1. Mesin Cuci
2. Robotika
Contoh Robotika sebagai berikut
  • Computer vision
1. Pengenalan Pola Sidik Jari
2. Pengenalan tulisan
  • Game Playing
1. 1997, Deep Blue mengalahkan Garry Kasparov, the World Chess Champion
2. Deep Blue mampu mengevaluasi 200juta posisi bidak catur /detik

SOFT KOMPUTING

Soft computing merupakan inovasi baru dalam membangun sistem cerdas.
Metodologi-metodologi dalam Soft computing adalah :
  1. Logika Fuzzy (fuzzy logic)
  2. Jaringan Syaraf Tiruan (neurall network)
  3. Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian)
  4. Evolutionary Computing (optimasi) --> Algoritma Genetika
Lebih lengkap semua silakan download di bagian "Download Materi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar