- Sistem AI
- Masalah
1.Mendefinisikan masalah dengan tepat
- Spesifikasi yang tepat
- Solusi yang diharapkan
3. Merepresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah.
4. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.
- Masalah sebagai ruang keadaan
2. Maka harus ditentukan
- Posisi awal pada papan catur
- Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal
- Tujuan(goal)
- Posisi awal pada papan catur
- Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal
2. Untuk mempermudah
- Huruf (a,b,c,d,e,f,g) horizontal
- Angka (1,2,3,4,5,6,7,8) vertikal
- Bidak (e,2) ke (e,4)
AND kotak (e,3) kosong,
AND kotak (e,4) kosong
Then gerakan bidak dari (e,2) ke (e,4)
- Contoh gambarnya sebagai berikut:
- Tujuan (goal)
seseorang terhadap lawannya.
2. Ditandai dengan posisi raja yang sudah tidak dapat bergerak lagi.
- Ruang Keadaan (State Space)
2. Sehingga secara umum, untuk menjelaskan masalah dengan baik, kita harus:
- Mendefinisikan suatu ruang keadaan
- Menetapkan satu atau lebih keadaan awal
- Menetapkan satu atau lebih tujuan
- Menetapkan kumpulan aturan
1. Graph keadaan
- Terdiri dari node-node yang menunjukkan keadaan yaitu keadaan awal dan keadaan baru yang akan dicapai dengan menggunakan operator.
- Node-node saling dihubungkan dengan menggunakan arc (busur) yang diberi panah untuk menunjukkan arah
• Contoh lintasan dari M ke T (lintasan yang sampai ke T )
– M-A-B-C-E-T, M-A-B-C-E-H-T, M-D-C-E-T, M-D-C-E-H-T
• Yang tidak sampai ke T
– M-A-B-C-E-F-G, M-A-B-C-E-I-J, M-D-C-E-F-G, M-D-C-E-I-J, M-D-I-J
2. Pohon Pelacakan
- Struktur pohon digunakan untuk menggambarkan keadaan secara hirarkis
- Terdiri dari beberapa node, level 0 disebut akar atau keadaan awal
- Node akar : menunjukkan keadaan awal & memiliki beberapa percabangan yang terdiri atas beberapa node yg disebut ’anak’.
- Node-node yg tidak memiliki anak disebut ’daun’ menunjukkan akhir dari suatu pencarian, dapat berupa tujuan yang diharapkan (goal) atau jalan buntu (dead end).
> Contoh Permainan Online sebagai berikut:
> Keterangan yang ada pada gambar:
- Petani, Sayur, Kambing dan Serigala
- Seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala, dan sayur- sayuran dengan sebuah boat yang melalui sungai.
- Boat hanya bisa memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala atau
sayur-sayuran). - Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing, dan kambing akan dimakan oleh serigala.
- Mendefinisikan suatu ruang keadaan.
- Menetapkan satu atau lebih keadaan awal.
- Menetapkan satu atau lebih tujuan.
- Menetapkan kumpulan aturan.
1. Identifikasi ruang keadaan
- Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (JumlahKambing, JumlahSerigala, Jumlah Sayuran, JumlahBoat).
- Sebagai contoh: Daerah asal (0,1,1,1) berarti pada daerah asal tidak ada kambing, ada erigala, ada sayuran, dan ada boat.
- Daerah asal: (1,1,1,1)
- Daerah seberang: (0,0,0,0)
- Tujuan
- Daerah asal: (0,0,0,0)
- Daerah seberang: (1,1,1,1)
4. Cara menyelesaikannya sebagai berikut:
- Metode Pencarian dan Pelacakan
pencarian.
2. Pencarian = suatu proses mencari solusi dari suatu permasalahan melalui sekumpulan
kemungkinan ruang keadaan (state space).
3. Ruang keadaan = merupakan suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin.
4. Untuk mengukur perfomansi metode pencarian, terdapat empat kriteria yang dapat
digunakan :
- Completeness : apakah metode tersebut menjamin penemuan solusi jika solusinya memang ada?
- Time complexity : berapa lama waktu yang diperlukan?
- Space complexity : berapa banyak memori yang diperlukan.
- Optimality : apakah metode tersebut menjamin menemukan solusi yang terbaik jika terdapat beberapa solusi berbeda?
- Pencarian buta (blind search)
- Pencarian melebar pertama (Breadth – First
Search) - Pencarian mendalam pertama (Depth – First
Search)
- Pendakian Bukit (Hill Climbing)
- Pencarian Terbaik Pertama (Best First Search)
- Pencarian Melebar Pertama (Breadth-First Search)
2. Mulai dari akar terus ke level 1 dari kiri ke kanan
3. Kemudian ke level selanjutnya hingga solusi ditemukan
> Contoh gambarnya sebagai berikut:
> Keuntungan dan kelemahan dari Pencarian diatas adalah:
- Keuntungan
- Tidak akan menemui jalan buntu
- Menjamin ditemukannya solusi (jika solusinya memang ada) dan solusi yang ditemukan pasti yang paling baik.
- Jika ada satu solusi maka bread-first search akan menemukannya
- Kelemahan
- Membutuhkan memori yang cukup banyak.
- Membutuhkan waktu yang cukup lama.
- Pencarian mendalam pertama (Depth-First Search)
node-node yang selevel
> Contoh gambarnya sebagai berikut
> Keuntungan dan Kelemahan dari Pencarian diatas adalah:
- Keuntungan
- Memori yang relatif kecil
- Secara kebetulan, akan menemukan solusi tanpa harus menguji lebih banyak lagi
- Kelemahan
- Memungkinkan tidak ditemukannya tujuan yang diharapkan
- Hanya akan mendapatkan 1 solusi pada setiap pencarian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar